Puluhan Masyarakat Jejali Posko Kesehatan Peduli Asap PT. KKI

KAWASAN KURMA INDONESIA – Puluhan masyarakat desa Ranah Sungkai, berbondong mendatangi posko kesehatan peduli asap PT. Kawasan Kurma Indonesia (KKI) yang di buka di aula kantor Desa Ranah Sungkai Kecamatan XIII Koto Kampar Senin (23/9/2019).

Bekerjasama  dengan Pemerintah Desa Ranah Sungkai dan juga beberapa orang tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Pembantu (PUSTU) XIII Koto Kampar.  Hadirnya posko kesehatan peduli asap PT.KKI hingga ke Desa, dimaksudkan untuk lebih memudahkan masyarakat dalam penanganan pertama dampak kabut asap yang masih melanda di Provinsi Riau satu bulan belakangan.

“Sengaja kita jemput bola dengan turun langsung ke lapangan, agar posko kesehatan yang kita sediakan lebih mudah di jangkau oleh semua lapisan masyarakat. Terlebih yang berada di wilayah pedesaan seperti Desa Ranah Sungkai ini, karena selama ini kita lihat sebaran posko lebih banyak di pusatkan pada Ibu Kota Kabupaten atau Kecamatan Saja.” Ulas David selaku ketua panitia.

David menambahkan, posko keliling tersebut sifatnya sementara artinya hanya di buka pada satu hari tersebut saja. Karena memang selain sebagai sarana pendeteksian dini warga yang terdampak akibat paparan kabut asap, juga keterbatasan tenaga medis yang dimiliki.

“ Memang hanya kita buat satu hari saja, dan rencananya akan berlanjut ke wilayah lain sesuai kondisi yang ada. Karena sifatnya hanya memfasilitasi, kami lakukan cek kesehatan, pemberian obat, dan pembagian masker secara cuma-Cuma. Dan jika memang perlu penanganan lebih lanjut kepada warga yang terpapar kabut asap tentunya kita rekomendasi ke Puskesmas atau Rumah Sakit yang lebih memadahi.” Tambahnya

Dari pantuan di lapangan, momen tersebut tak di sia-sia kan oleh masyarakat. Secara berbondong antusias mendatangi posko tersebut, antrian pun “mengular” dari yang muda hingga tua sampai ke anak-anak. Terlebih, pihak panitia pun cekatan dalam mengkondisikan keadaan dengan mempersiapkan segala logistik agar jalannya posko tetap terjaga kenyamanan serta terkendali bagi masyarakat yang hadir.

Salah seorang masyarakat yang juga tokoh pemuda setempat Aidil (35), mengaku senang dengan adanya posko kesehatan tersebut. Karena memang, selama terjadi musibah kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan, tidak semua masyarakat dapat seluruhnya mendatangi posko-posko yang sudah di sediakan oleh Pemerintah Daerah.

“Ya kita maklum saja, tidak semua masyarakat mau mendatangi posko yang sudah tersedia. Selain masalah keterbatasan waktu, kendala lain masalah jarak tempuh. Namun dengan hadirnya posko kesehatan yang langsung turun ke lapangan, tentunya ini lebih memudahkan bagi masyarakat.” Tuturnya.

Senada, pihak Pemerintah Desa Rana Sungkai melalui Sekretaris Desa Arion Taufik. Mendukung penuh langkah  perusahaan, “ Tentunya kami sangat mengapresiasi kegiatan yang di lakukan PT.KKI, dan semoga perusahaan terus dapat bersinergi dengan masyarakat sekitar terlebih dalam kegiatan sosial seperti ini.” Harapnya. (KK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X