Mengapa Harus Pohon Kurma??

Pohon kurma mempunyai daya tarik untuk dibudidayakan secara meluas di tanah air, karena sifat dan keunggulanya. Beberapa diantaranya yaitu: 

Nilai Ekonomi Dan Produktifitas Yang Tinggi

1 pohon kurma yang berbuah sepanjang tahun bisa menghasilkan proyeksi income sekitar 35-90 juta pertahun perpohon, atau sama dengan income 1 hektar kelapa sawit.

Ramah Lokasi dan Lingkungan

Memiliki akar yang unik dan akar dalamnya menunjam hingga 12 m ke dalam, akar samping menyebar secukupnya tidak lebih dari 1 meter. Sangat ramah pada tanaman tetangganya, tidak berebut air dan unsur hara, bahkan dapat membantu menahan cepatnya air merembes ke dalam dan membantu memompa air ke atas sehingga cukup air di dekat top soil yaitu lapisan tanah yang berada di paling atas dan lapisan tanah yang paling subur.

Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi tinggi membuat kurma berkhasiat terhadap kesehatan, yang paling popular tentu saja manfaat kurma dalam mengembalikan energy secara cepat. Menurut riset di berbagai Negara menunjukkan khasiat kurma untuk berbagai penyakit. Diantaranya mengatasi demam berdarah, tifus, antikanker, turunkan hiperkolesterol, perbaiki fungsi hati, mengontol gula darah dan baik untuk otak.

Tanaman Pangan Terbaik Sepanjang Masa

Kurma lazim dikonsumsi dalam bentuk segar atau kering, kurma juga cocok dijadikan beragam panganan seperti bubur, puding, salad, dan kue. Buah kerabat aren itu melengkapi berbagai menu utama ataupun camilan. Selain proses pengolahan mudah, kurma  mudah dipadukan dengan beragam bahan seperti mete, keju, jeruk, kacang hijau, dan cokelat.

Sunnah Nabi Muhammad Saw

Sabda Nabi Muhammad Saw “Jika hari kiamat telah tegak, sedang di tangan seorang di antara kalian terdapat bibit pohon kurma; jika ia mampu untuk menanamnya, maka lakukanlah (HR. Ahmad)

Tidak akan kelaparan penghuni rumah yang memilik kurma (HR. Muslim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X