5 Manfaat Kurma Bagi kesehatan Tubuh

Kurma merupakan buah yang sangat akrab dengan Ramadan. Buah berwarna cokelat kehitaman ini seolah menjadi penganan wajib saat berbuka atau sahur.

Kurma sendiri dipercaya sudah ditanam di kawasan Timur Tengah dan Afrika bagian utara sejak 7.000 tahun yang lalu. Tak hanya rasanya yang enak, buah kurma ternyata juga punya segudang manfaat kesehatan bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara rutin.

Nah, berikut manfaat kurma bagi tubuh yang bisa kamu rasakan setelah mengonsumsi tiga biji kurma setiap hari hanya dalam sepekan.

  1. Kesehatan tulangmu meningkat

Menurut seorang profesor Universitas Negeri North Dakota, Julie Garden-Robinson, kurma kaya kandungan boron, unsur mineral yang membantu tulang lebih sehat.

Studi lain menunjukkan kurma kaya mineral, seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Mineral-mineral ini mampu memperkuat tulang dan memerangi penyakit tulang, seperti osteoporosis.

  1. Kesehatan pencernaanmu juga ikut membaik

Buah favorit Nabi Muhammad SAW ini juga kaya serat yang penting untuk sistem pencernaan. Asupan serat mencegah sembelit dan mendorong buang air besar secara teratur.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menunjukkan orang yang mengonsumsi kurma secara teratur memiliki sistem pencernaan yang jauh lebih baik, daripada mereka yang tidak.

  1. Kurma membantu melawan stres dan depresi

Kurma mengandung Vitamin B6 yang terbukti membantu tubuh memproduksi hormon serotonin dan norepinefrin. Hormon serotonin berfungsi mengatur suasana hati, sementara norepinefrin bisa melawan stres.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan semakin banyak vitamin B6 yang kita konsumsi, semakin baik perasaan kita. Tidak hanya secara fisik, tetapi juga mental.

  1. Kurma membantu mencegah penyakit jantung

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Pusat Nasional untuk Informasi Bioteknologi Amerika Serikat menyimpulkan kurma mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif. Keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung dan aterogenesis.

Selain itu, kurma menjadi sumber yang kaya akan potasium, yang menurut penelitian, mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke, serta penyakit terkait jantung lainnya.

  1. Kurma juga membantu menurunkan berat badan

Kurma juga bisa membantu menurunkan berat badan. Jenis serat yang terkandung dalam kurma membuatmu merasa kenyang untuk waktu yang lama dan mencegah lonjakan glukosa darah.

Lebih jauh lagi, kurma mengandung antioksidan, seperti anthocyanin, fenolik, dan karoten. Zat-zat ini membantu membuang racun dari dalam tubuh, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan metabolisme, sehingga membantu penurunan berat badan.

Nah, itulah berbagai manfaat kurma yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin. Biasa makan berapa nih dalam sehari?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X